WhatsApp, Instagram, hingga Facebook Down, Begini Tips dan Cara Mengatasi

  • Whatsapp

TEKNO – Dua sosial media dan satu aplikasi chat yakni Facebook, Whatsapp, dan Instagram terjadi putus koneksi atau down secara berbarengan pada Senin (4/10/2021) sejak pukul 22.30 WIB.

Koneksi down ini telah terjadi lebih dari 7 jam dan belum pulih kembali hingga berita ini diturunkan.

Bacaan Lainnya

Tak berlangsung lama, ketiga aplikasi ini mengumumkan permintaan maaf dan penjelasan mengenai koneksi down ini melalui sosial media Twitter. Ketiganya juga mengatakan sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah koneksi down ini.

“Maaf, sesuatu telah terjadi. Kami sedang bekeja untuk memulihkan dan kami berharap secepat yang kami bisa,” bunyi pesan di website Facebook, dan lainnya lewat twitter juga.

Belum ada keterangan resmi dari manajemen WhatsApp, Instagram dan Facebook di Indonesia terkait kabar tersebut.

 

Ada beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp dan Instagram error mendadak.

 

1. Cek Jaringan Internet

Saat menjumpai WhatsApp error, cara pertama yang bisa dilakukan mengecek jaringan internet yang sedang aktif. Pastikan internet terkoneksi dengan baik.

 

2. Aktifkan Mode Pesawat

Coba untuk menyalakan dan mematikan kembali mode pesawat ketika solusi pertama belum berhasil. Cara ini sama halnya dengan merestart ponsel.

 

3. Periksa Fitur Penghemat Daya Android

Salah satu fitur yang bisa diperiksa ketika WhatsApp mengalami error dan pending adalah dengan mengecek fitur penghemat daya di Android. Tak jarang, adanya aplikasi yang akan secara otomatis menghemat daya baterai ponsel saat akan habis ini justru membuat pesan WhatsApp tidak masuk atau pending. Untuk menonaktifkannya, periksa fitur tersebut dengan masuk ke menu Setting > Battery > Battery saver dan matikan toggle yang aktif.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache merupakan data yang disimpan sementara guna mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi. WhatsApp akan mudah error dan berakibat pesan yang dikirim atau diterima pending. Karena itu, penting sesekali membersihkan cache WhatsApp.

Caranya adalah dengan pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache. Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp kembali menerima pesan.

 

5. Bersihkan Data Aplikasi WhatsApp

Selain membersihkan cache, solusi lain adalah dengan membersihkan data aplikasi WhatsApp. Namun, ketika mengambil solusi ini, pastikan untuk membackup data WhatsApp terlebih dahulu.

Untuk membersihkan data WhatsApp, kamu bisa pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data.

 

6. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan tetapi masih gagal, coba untuk menghapus dan menginstal ulang WhatsApp di ponselmu. Tentu saja, harus mendownload aplikasi WhatsApp baru di Play Store.

 

7. Tunggu hingga Server Pulih

Jika sumber WhatsApp pending atau error adalah server yang down, maka pengguna hanya bisa menunggu hingga server pulih.

Lalu bagaimana jika demikian? Pastikan memiliki aplikasi chatting lain diluar WhatsApp yang juga terhubung dengan kolegamu. Atau yang paling mudah lakukan lewat email.

Karena pada dasarnya, untuk memiliki aplikasi tertentu, pengguna dituntut untuk memiliki suatu akun email yang aktif. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar