Pemkot Kotamobagu Luncurkan Kartu Parkir Berlangganan

BFOX, SULUT – Pemkot Kotamobagu meluncurkan Kartu Parkir Berlangganan bagi kendaraan dinas roda empat pada Senin. Kartu ini diharapkan menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) di Dinas Perhubungan.

Peluncuran dipimpin Sekretaris Daerah Sande Dodo mewakili Walikota Tatong Bara. Sekda mengatakan pengadaan kartu parkir ini merupakan salah satu upaya Pemkot Kotamobagu dalam meningkatkan PAD di sektor retribusi perparkiran secara lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

“Upaya untuk meningkatan pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah menjadi hal yang sangat penting, serta harus menjadi perhatian kita bersama karena pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Peluncuran kartu tersebut ditandai dengan pemasangan stiker sebagai tanda telah berlangganan parkir pada sejumlah kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Kotamobagu.

Sebelumnya Kepala Dishub Kotamobagu mengatakan untuk tahap awal, pemberlakuan kartu bebas parkir ini baru dikhususkan untuk kendaraan roda empat berpelat merah. Untuk roda dua, menurutnya, masih akan dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Jadi saat kendaraan dinas masuk di parkiran mereka tidak membayar lagi, karena sudah melunasi retribusi parkir bulanan yang dibuktikan dengan kartu parkir,” katanya akhir pekan lalu.

“Kita baru mencetak 42 kartu bebas parkir sesuai jumlah instansi yang ada. Kita masih akan berkoordinasi lagi dengan bagian aset untuk meminta data jumlah kendaraan dinas secara keseluruhan, karena ada juga OPD yang mempunyai lebih dari satu kendaraan dinas yang wajib mengantongi kartu parkir,” tambahnya mengakhiri.(red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY