Pelayanan Publik Pemkot Kotamobagu Terbaik di Sulut

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

BFOX, SULUT – Pemkot Kotamobagu meraih poin tertinggi di Sulawesi Utara dalam pelayanan publik berdasarkan publikasi oleh Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Nilai Pemkot Kotamobagu mengungguli perolehan 14 kabupaten dan kota lainnya di Sulut.

Pengumuman hasil evaluasi pelayanan publik itu diumumkan Menpan-RB Tjahjo Kumolo yang berkunjung ke Sulut pada Senin. Di hari itu, Menpan bertemu dengan para kepala daerah di Sulut, termasuk Walikota Kotamobagu Tatong Bara, yang mengikuti bimbingan teknis mengenai kebijakan strategis dalam penyederahaan birokrasi di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut di Manado.

Baca Juga:  69 Anggota BPD Kotamobagu Dilantik Pekan Ini

Berdasarkan penilaian tim penilai dari Kemenpan-RB, Pemkot Kotamobagu mendapat skor 3,96 dan 4,09 di dua instansi yang dinilai, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Alhamdulillah Kota Kotamobagu bisa meraih nilai tertinggi dari KemenPAN-RB,” ucap Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu, Saridah Mokoginta, yang ikut bersama walikota dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Penyaluran BLT Dana Desa Tahap 4 Akhir Juli

Dilansir dari laman Kemenpan-RB, penilaian evaluasi pelayanan publik difokuskan pada enam aspek, yakni kebijakan pelayanan, sarana prasarana, profesionalisme sumber daya manusia, konsultasi dan pengaduan, inovasi pelayanan publik, dan informasi pelayanan publik.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, pelayanan publik yang prima menjadi salah satu kunci reformasi birokrasi, serta bisa menggerakkan perekonomian daerah, dan mempercepat laju investasi di daerah.

Baca Juga:  Pemkot Tambah Anggaran Penanggulangan Covid-19, Total Rp17 Miliar

“Sehingga kita harap daerah-daerah dapat terus membuat inovasi sesuai dengan karakteristik serta potensi daerah masing-masing,” katanya.(red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY