Badai ‘Surigae’ Landa Sulut, Pemkot Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Citra satelit yang menunjukkan adanya pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara. (BNPB)

BFOX, SULUT – Pemerintah Kota Kotamobagu mengingatkan warga agar mewaspadai dampak dari badai ‘Suriage’ yang melanda sejumlah daerah, termasuk di Sulawesi Utara.

Peringatan ini sebagai tindak lanjut dari surat edaran Gubernur Sulut mengenai kesiapsiagaan pemerintah daerah menghadapi dampak badai tersebut. Salah satu poin dalam surat edaran gubernur itu disampaikan bahwa akibat badai tersebut, berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Terbitkan SE Libur dan Cuti Bersama

Dampaknya adalah berpotensi terjadi banjir, tanah longsor, angin puting beliung, serta ketinggian gelombang laut yang mencapai empat hingga enam meter di sejumlah perairan.

“Kami mengimbau warga Kotamobagu agar siaga terutama yang tinggal di bantaran sungai atau di bawah bukit atau tebing karena berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, Alfian Hassan, kemarin.

Baca Juga:  Amazone Hadir di Kotamobagu

Alfian berkata, BPBD telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan hingga desa bersama pihak-pihak terkait untuk mengantipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Badai ini membawa angin kencang sehingga warga yang di sekitar rumahnya terdapat pohon besar juga harus waspada,” katanya.(red)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY