Babinsa Bantu Petani Rawat Tanaman Tomat di Desa Kosio

Serda Duwi Setyo yang membantu petani merawat tanaman buah tomat. (ist)

BFOX, SULUT – Inilah salah satu bentuk ketahanan pangan yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga adalah Serda Duwi Setyo yang membantu petani merawat tanaman buah tomat.

Kebun tersebut milik Bapak Fandi dengan luas lahan 0,25 hektar yang berada di Desa Kosio Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (15/4/2021).

Serda Duwi Setiyo mengatakan, perawatan sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dengan membuahkan hasil yang besar dan banyak.

Baca Juga:  KPU Bolmong Kenalkan Produk Hukum Pilgub 2020

“Cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali (penopang), pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari,” ucap Babinsa.

Lanjutnya, apabila tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilih pestisida yang organik.

Baca Juga:  Tiga Tantangan Besar Yasti Membangun Daerah

Sementara itu, Fandi mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan panen.

“Bahkan bapak Babinsa bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga membantu di areal persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program ketahanan pangan Nasional,” tuturnya. (*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY