Kemenag Bolmong dan IAKN Manado Jalin Kerjasama

Komitmen Majukan Sektor Pendidikan di Kabupaten Bolmong

BFOX, SULUT – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow menerima kunjungan dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Rabu (17/3/2021).

Terinformasi, kunjungan ini dalam rangka membentuk lembaga pendidikan serta pengabdian masyarakat.

Kerjasama dua satuan kerja di bawah naungan Kemenag RI ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak, disaksikan seluruh ASN Kemenag Bolmong yang hadir.

Penandatanganan diawali Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, DR Deflita RN Lumi MPd. Kemudian Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan, DR Relly Agnes Poluan MTh, dan Dekan Fakultas Teologia, DR Varno Gerung MTh.

Baca Juga:  Batas Waktu Pelunasan Biaya Haji Tahap Dua Diperpanjang

Mewakili pihak IAKN, DR Relly Agnes Poluan MTh kesepakatan, kesepakatan ini akan menjadi acuan sekaligus peluang bagi IAKN Manado untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara nyata.

Menurutnya, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) tidak cukup hanya bermodal IPTEK dan Sains tetapi harus memiliki kompetensi spiritual yang baik.

“Cerdas secara intelektual saja tidak, tetapi juga harus cerdas spiritual. Ini yang kita sasar di Bolmong, ”cetusnya.

MoU yang terjalin akan memudahkan IAKN dalam melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, pelatihan/seminar di tingkat satuan dan perangkat pendidikan, serta penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat di Bolmong.

Baca Juga:  Di Musda II DMI Bolmong, Bonde: Eksistensi Umat Islam Diukur dari Masjidnya

Untuk jangka panjang, berlebihan tidak berlebihan jika IAKN bercita-cita memiliki 10 studi program pada program Sarjana (S1), dan 3 prodi pada jenjang Strata 2, IAKN optimis dapat memasukkan dalam pembangunan sumber daya di Bolmong dari perspektif pendidikan.

Cita-cita mulia ini setali tiga uang dengan gagasan Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Drs H Muhtar G Bonde.

Diakuinya dengan wilayah yang luas dan masyarakat yang multikultur Bolmong sangat membutuhkan layanan pendidikan tinggi.

“SDM di Bolmong akan lebih maju jika memiliki IAIN dan IAKN secara bersamaan, dalam konsep pendidikan yang sarat nilai moderasi beragama,” ungkap Bonde.

Baca Juga:  Tentukan Idulfitri 1440 H, Pemerintah Sebar 105 Titik Pantau Hilal di Indonesia

Ia pun siap membawa dan menjelaskan konsep ini kepada Bupati Bolmong, Yasti Supredjo Mokoagow, agar mendapat lampu hijau.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah langkah bahkan lompatan bagi Kementerian Agama khususnya Kemenag Bolmong dan IAKN dalam membangun pendidikan keagamaan,” pungkasnya.

Turut dan dalam acara tersebut Ketua Senat IAKN Manado, DR Wolter Weol MPd, dan mantan Penyelengga Kristen Kemenag Bolmong, Pendeta Effert Y Dodolang STh MTh, kini bertugas sebagai Kabag Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan sekaligus Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. (*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY