Gubernur Olly Lantik Iskandar-Deddy sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolsel

BFOX, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey resmi melantik Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Digelar di gedung Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, pada Jumat (26/1/2021) pagi tadi, proses pelantikan dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat.

Setelah proses pelantikan selesai, Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang baru saja dititipkan amanah sebagai kepala daerah di wilayah masing-masing.

“Semoga seluruh Bupati dan Wakil Bupati, walikota dan wakil walikota, tetap amanah, jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin di masing-masing daerah,” ucap Olly Dondokambey.

Baca Juga:  Buka Konsultasi Publik Perancangan RPJMD Bolsel, Kamaru Tegaskan Hal Ini

Sekadar diketahui, untuk kabupaten/kota akan dilantik secara bersamaan dengan daerah lain di seluruh Indonesia, namun dengan hari dan tanggal berbeda.

Pertama yang telah mengakhiri masa jabatan yakni Walikota/Wakil Walikota Tomohon, Bupati/Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut), Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Bupati dan wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Lima kepala daerah ini telah mengakhiri masa jabatannya per tanggal 17 Februari 2021, sementara bupati dan wakil bupati/Walikota dan wakil walikota terpilih, dilantik pada 26 Februari 2021.

Baca Juga:  DPRD Bolsel Gelar Paripurna Sertijab dan Dengar Pidato Iskandar-Deddy

Sementara untuk Kota Bitung, rencananya akan dilakukan pelantikan April 2021, meskipun Walikota dan Wakil Walikota Bitung akan berakhir masa tugas pada 30 Maret 2021.

Sedangkan untuk Kota Manado, masa jabatan pejabat lama akan berakhir 9 Mei 2021, namun pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Manado yang baru nanti digelar akhir Juni atau awal Juli 2021.

Adapun jadwal pelantikan kepala daerah terpilih periode 2021-2024 di Sulut:

Tahap I: 26 Februari 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Tomohon: Caroll Senduk dan Wenny Lumentut
2. Bupati dan Wakil Bupati Minut: Joune Ganda dan Kevin Lotulung
3. Bupati dan Wakil Bupati Minsel: Franky Wongkar dan Petra Rembang
4. Bupati dan Wakil Bupati Boltim: Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo
5. Bupati dan Wakil Bupati Bolsel: Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid

Baca Juga:  Laporkan Tren Dana Desa, Iskandar-Deddy Bertemu Langsung Gus Menteri

Tahap II: Akhir April 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Bitung: Maurits Mantiri dan Hengky Honandar

Tahap III: Akhir Juni atau Awal Juli 2021
1. Walikota dan Wakil Walikota Manado: Andrei Angouw dan Richard Sualang

Pelantikan ini tentunya dilakukan secara bersamaan dengan daerah lain di seluruh Indonesia.

(ito)

VIASasmito Wiharjo
BAGIKAN

LEAVE A REPLY