Tips Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

  • Whatsapp
Foto; Ilustrasi.
banner 468x60

BFOX, JAKARTA – Pandemi COVID-19 mau tidak mau membangkitkan kesadaran banyak orang mengenai kesehatan. Salah satu kebiasaan yang mulai muncul adalah kegiatan olahraga di rumah.

Berbeda dengan berolahraga di tempat umum seperti gym atau fitness center, beberapa kendala yang ditemukan saat berolahraga di rumah adalah terbatasnya alat serta kesulitan untuk membangun motivasi berolahraga.

Bacaan Lainnya

Untuk mengatasi hal ini, Certified Fitness Coach Regina Stefani menyarankan agar menemukan olahraga yang digemari terlebih dahulu.

“Aku selalu merekomendasikan cari dulu exercise yang memang kamu enjoy. Misalnya sukanya dance, atau memang sukanya jogging, sukanya yoga, pilates, lakuin dulu itu,” kata Regina di acara e-Life detikcom.

Olahraga juga seharusnya bisa berkelanjutan dan menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga perlu kedisiplinan dalam menjalaninya.

“Kalau bisa nih, buat jadwal. Itu adalah sebuah strategi merencanakan jadwal latihan yang karena sudah direncanakan jadi mau nggak mau yuk kita lakuin gitu. Bisa juga strategi lainnya itu dengan ngajak teman. Ngajak teman, jadi mau nggak mau nih udah janjian nih sama temannya,” jelas Regina.

Akan tetapi, motivasi terkuat harusnya datang dari keinginan untuk sehat. Menurut Regina, apabila seseorang sudah menerapkan mindset untuk sehat, persoalan membangun mood saat hendak berolahraga tidak akan jadi masalah besar lagi.

Kombinasi olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang dapat melatih fungsi jantung (aerobik), serta melatih fungsi sendi dan otot (anaerobik). Olahraga aerobik yang bisa menaikkan detak jantung (heart rate) bisa berupa jogging maupun skipping. Sedangkan olahraga anaerobik bisa dilakukan dengan angkat beban. Kedua jenis olahraga ini harus dipenuhi sesuai dengan porsinya masing-masing untuk menunjang kesehatan tubuh yang maksimal.

Tak perlu khawatir mengenai alat olahraga yang terbatas di rumah. Regina menyarankan untuk berinvestasi pada alat seperti dumbbell. Akan tetapi jika tidak memiliki dumbbell di rumah, latihan beban bisa dilakukan dengan botol air mineral yang memiliki berat kira-kira 0,5 kg.

Latihan beban juga dapat dilakukan dengan berat badan sendiri, melalui gerakan-gerakan seperti squat, push up, dan gerakan lain yang spesifik menyasar otot besar tubuh.

“Sebenarnya latihan beban itu nggak perlu alat, bisa dengan menggunakan berat badan sendiri. Selama gerakannya sudah paham ya, kayak otot-ototnya digunakan apa aja, dan gerakan yang baik itu seperti apa, gitu. Jadi, nggak ada alasan sih sebenarnya untuk mulai,” kata Regina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *