Kasubbag TU Hadiri Launching Gebyar GIM Bolmut

  • Whatsapp

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Hi. Abdullah Diu,S.Ag, M.Pd menghadiri launching Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) di Kabupaten Bolmut yang digelar di Lapangan Kembar Boroko (LKB) Kecamatan Kaidipang.

Launching kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Sub Koordinator Fungsi Tata Kelola Direktorat PKMP Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI) Catur Budi Santisa SE, M.Ak.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh dan wakil Bupati, Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP.

Dalam sambutan Bupati, Depri menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan kegiatan tersebut dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi serta mendorong partisipasi berbagi elemen masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan minat dan budaya membaca di Kabupaten Bolmut.

Bupati Depri mengatakan, sejarah peradaban umat manusia menujukkan bahwa bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengadalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakat yang literat, yang memilik perabadan tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia.

Lebih lanjut di kabupaten Bolmut khususnya, harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke 21 melalui pendidikan yang terintergrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat.

Dijelaskan ada enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya dan kewargaan. Pintu masuk untuk mengembangkan budaya literasi bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak. Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga.

Dikatakan bahwa minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat.

Gerakan Indonesia Membaca (GIM) sebagai bagian dari implementasi peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.

Gerakan ini bertujuaan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Turut hadir Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiraso SIK, SH, para Asisten Sekda Bolmut, para Staf Ahli dan Staf Khusus Bolmut, mewakili Kodim 1303 Bolmut, Pimpinan OPD, dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara.

Sumber: https://sulut.kemenag.go.id/berita/506884/Kasubbag-TU-Hadiri-Launching-Gebyar-GIM-Bolmut

Pos terkait