Cara Pulihkan Akun WhatsApp, Facebook, Instagram yang Dibajak

  • Whatsapp
Cara Mengembalikan Akun WhatsApp, Facebook dan Instagram yang Dibajak Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

BFOX, JAKARTA – Menjaga keamanan akun media sosial seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram sudah menjadi kewajiban bagi semua pengguna. Tapi kadang ada pengguna yang lengah sehingga akun mereka mudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya, beberapa waktu yang lalu banyak pengguna WhatsApp yang mengaku menerima pesan dari pihak yang mengaku sebagai kasir minimarket. Mereka meminta pengguna memberikan kode OTP yang seharusnya tidak dibagikan ke orang lain.

Bacaan Lainnya

Jakarta – Menjaga keamanan akun media sosial seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram sudah menjadi kewajiban bagi semua pengguna.

Tapi kadang ada pengguna yang lengah sehingga akun mereka mudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya, beberapa waktu yang lalu banyak pengguna WhatsApp yang mengaku menerima pesan dari pihak yang mengaku sebagai kasir minimarket.

Mereka meminta pengguna memberikan kode OTP yang seharusnya tidak dibagikan ke orang lain.

– Cara mengembalikan akun WhatsApp yang dibajak

Langkah pertama yang harus dilakukan begitu akun WhatsApp kalian dibajak adalah dengan masuk ke aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor telepon yang terdaftar.

Setelah itu verifikasi nomor telepon kalian dengan memasukkan kode OTP enam digit yang diterima lewat SMS. Setelah kode OTP ini dimasukkan, akun kalian di perangkat orang lain akan langsung dikeluarkan secara otomatis.

Selanjutnya kalian mungkin akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah (kode 2FA).

Jika kalian sebelumnya tidak pernah mengaktifkan fitur ini dan tidak mengetahui kode verifikasi dua langkah yang diminta, kemungkinan orang yang membajak akun kalian sudah mengaktifkannya terlebih dulu.

Untuk bisa mengakses kembali akun WhatsApp kalian tanpa kode verifikasi dua langkah, kalian harus menunggu selama tujuh hari setelah proses verifikasi nomor.

Pos terkait